Breaking

Selamat Datang || Informasi Pendidikan Menengah

Sunday, July 26, 2020

Cara Merubah Tombol Tarik Data Menjadi Sinkronisasi Di Dapodik 2021



Informasi Pendidikan Menengah - Dapodik versi 2021 sudah rilis pada pertengahan Juli 2020 Kemarin. Untuk medapatkan hasil data yang valid pasti dibutuhkan informasi yang valid juga. Dalam aplikasi dapodik versi 2021 ini terdapat penambahan fitur baru pada saat sinkronisasi, yaitu menu tarik data. Jadi ketika akan melakukan sinkronisasi dengan menekan menu sinkronisasi, tombol yang muncul adalah tarik data, yaitu yang berfungsi untuk menarik data yang ada di server dapodik ke server dapodik lokal yang ada di lapotp kita. tampilannya bisa dilihat di gambar dibawah ini (Baca Juga : Download Dapodik Versi 2021)



Kemudian bagaimana caranya agar tombol sinkronisasi muncul dan tidak menampilkan tombol tarik data sehingga kita dapat melakukan sinkronisasi dapodik 2021. Perlu diketahui, jika kita menekan tombol tarik data, maka data yang ada di server lokal yang ada di laptop kita tidak akan dikirim ke server dapodik yang ada di pusat, jadi yang akan ada perubahan hanya di dapodik yang ada di laptop kita, bukan di server dapodik.

Sinkronisasi Dapodik 2021 dapat dilakukan jika kita menekan tombol sinkronisasi di menu sinkronisasi setelah tidak ada data INVALID di menu validasi lokal. Maka dari itu kita cek dahulu data kita apakah masih ada yang invalid. Namun ketika kita sudah melakukan validasi data kita dan tidak ada yang invalid tombol SINKRONISASI tidak muncul. Jadi sebenarnya masih ada yang INVALID tetapi tidak terlihat oleh sistem.

Dari pengalaman beberapa teman dan saya sendiri sudah melakukannya, data invalid tersebut terdapat pada SARPRAS, di menu kondisi bangunan ataupun ruang kita harus cek dan terisi dengan benar. Jadi kita harus membuka satu persatu kondisi Bangunan dan Ruang untuk data kita menjadi tidak INVALID lagi. Buka satu per satu dan klik simpan untuk mengakhiri walaupun tidak ada yang diubah. maka ketika kita akan melakukan sinkronisasi akan muncul tombol SINKRONISASI seperti gambar dibawah ini.

 
Tombol SINKRONISASI muncul dan kita bisa melakukan sinkronisasi dapodik 2021 dengan lancar. Selamat mencoba dan semoga sukses selalu.

No comments: