Breaking

Selamat Datang || Informasi Pendidikan Menengah

Thursday, April 2, 2020

Mengenal Fitur Google Classroom


Informasi Pendidikan Menengah - Saat ini pembelajaran jarak jauh saat ini sangat marak dilakukan, dalam kondisi seperti saat ini peserta didik diharuskan untuk belajar dirumah karena adanya pandemi virus covid 19 yang sangat membahayakan bagi umat manusia. Disaat siswa belajar dirumah tidak serta merta kita sebagai guru hanya sekedar memberi tugas saja melalui group WA misalnya, namun guru juga harus memberi penjelasan tentang materi yang terdapat dalam kompetensi dasar.
Melalui google classroom, guru dapat membuat pengajaran secara kreatif dan inovatif, dalam pelaksanaan pemnelajaran google classroom banyak media yang dapat digunakan di yaitu diantaranya di platform android, di komputer atau laptop. Beberapa fitur yang dapat digunakan dalam penbelajaran jarak jauh saat ini sangat beragam, yaitu :


1. Single View Untuk tugas Siswa
Google Classroom memiliki halaman untuk setiap siswa yang menampilkan semua tugas siswa di kelas. Dengan tampilan ini, para guru dan siswa bisa melihat status setiap tugas, dan dapat menggunakan filter untuk melihat setiap penugasan, tugas yang hilang, atau tugas yang sudah dinilai dan dikembalikan.

2. Penyusunan Kelas
Melalui aplikasi google Classroom, guru bisa menyusun dan mengatur kelas berdasarkan kriteria kelas yang dimiliki. Misalnya mengatur berdasarkan jadwal harian, prioritas beban kerja

3. Decimal Grading
Melalui Classroom, guru akan dapat secara mudah menggunakan penilaian yang membutuhkan kekuratan tinggi misalnya, penggunaan desimal dalam penilaiannya.

4. Transfer kepemilikan kelas
Dengan fitur ini, admin dan guru dapat mentransfer kepemilikan kelas Google Classroom ke guru yang lain, tanpa perlu membuat kelas yang baru. Secara otomatis, pemilik kelas baru bisa mendapatkan akses lengkap  tentang pekerjaan siswa melalui Google Drive.

5. Integrasi kepemilikan kelas
Fitur ini menawarkan integrasi antara guru dengan berbagai aplikasi lain yang mereka sukai dengan mudah. Misalnya saja Quizizz, Edcite maupun Code.org.
6.Kode kelas tampilan
engan fitur ini, guru sekarang dapat menampilkan kode kelas mereka di layar secara penuh sehingga siswa dapat dengan cepat bergabung dengan kelas baru.
7. Mengimpor skor Kuis Google Formulir ke Kelas Menggunakan kuis melalui Google Formulir memungkinkan guru untuk melakukan penilaian real-time terhadap pemahaman siswa tentang sebuah topik. kemudian, guru akan dapat mengimpor nilai dari kuis yang dibuat tadi langsung ke Google Classroom.
8. Tambahkan gambar profil di ponsel
Dengan fitur ini, baik guru maupun siswa dapat dengan mudah mengganti gambar profil melalui ponsel yang dimiliki.

Demikian sebagian fitur dari Google Classroom untuk mempermudah guru mengajar di kelas. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua para guru yang tetap harus ada pembelajaran.

No comments: